Rabu, 21 Maret 2012

BAB 4 MENJELAJAHI INTERNET


1.Beberapa cara yg dapat dilakukan untuk memperlancar pencarian atau akses internet adalah menghindari jam sibuk,menambahkan cache browser,tidak menampilkan animasi dan multimedia,menghentikan proses download,membuka jendela baru,menggunakan fungsi klik kanan,dan menyimpan situs favorit.
2.Cara menambahkan Cache browser: klik menu tools pada Internet explorer>pilih internet options>pilih tab general>pada bagian temporary internets file,klik setting>dibawah Amount of disk space to use geser tombol kearah kanan,lalu alokasikan sekitar 5%>tekan OK
3.cara tidak menampilkan animasi dan multimedia : klik menu tools pada internet explorer>klik internet options>klik tab advanced>geser kebawah dengan scrooldown sampai dibagian multimedia>hapus tanda pada play animations in web pages>tekan OK.
4.selama kamu menunggu proses dwonload,kamu boleh melanjutkan browosing dengan membuka jendela browser baru.caranya : tekan ctrl+N pada keyboard atau klik menu file>New>windows.
5.Jika menemukan sebuah situs / halaman web yg menarik dan berencana untuk mengunjunginya kembali pada suatu waktu sebaiknya disimpan ke dalam daftar favorit dengan cara : tekan ctrl+D pada keyboard / klik ikon bookmark.
6.Jika browser terlalu lama mengakses suatu halaman web dan belum selesai juga,klik tombol stop.
7.pada tombol klik kanan mouse saat di klik pada suatu lembaran web,maka muncul menu-menu pop up sesuai posisi pointer mouse. Contoh:
*Open : membuka halaman yg ditunjuk oleh pointer
*Open in new windows : membuka halaman link pada jendela baru
*save target as : menyimpan file yg ditunjuk oleh link
*Print target : mencetak halaman yg ditunjuk oleh link
*copy shorchut : mengkopy alamat url dari link yg dimaksud
*Save picture as : untuk menyimpan gambar dari gambar yg dimaksud
8.Offline browsing adalah sebuah cara untuk menghemat penggunaan waktu online.
9.Halaman web yg telah tersimpan dalam hardisk komputer,sewaktu-waktu dapat dibuka kembali tanpa harus melakukan koneksi ke internet.
10.Mencari data / informasi di internet memerlukan bantuan perangkat lunak pencari yg disebut mesin pencari atau search engine.
11.Mesin pencari yg sering digunakan oleh kebanyakan orang adalah google. Yg beralamat di WWW.google.com untuk versi inggris dan WWW.google.co.id untuk versi indonesia.
12.Langkah-langkah mencari data atau informasi melalui mesin pencari google adalah sebagai berikut : tulis alamat http://www.google.com pada addres bar >klik go/enter >setelah muncul halaman web google tuliskan nama kunci data yg ingin dicari misalnya “laboratorium komputer” pada kolom yg tersedia,kemudian tekan tombol telusuri dengan google > halaman web akan menunjukan hasil pencarian >klik salah satu.
13.E-mail sudah mulai dipakai pada 1960-an.pada saat itu,internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe’ yang terbentuk sebagai jaringan.
14.Mulai 1980-an,e-mail sudah dapat dinikmati oleh khalayak umum.Hal ini mengakibatkan perusahaan pos diberbagai negara menurun karena masyarakat tidak menggunakan jasa pos lagi.
15.Agar dapat menggunakan fasilitas E-mail kita harus punya alamat e-mail pribadi/account pribadi pada situs tertentu.
16.Jika telah mempunyai alamat e-mail pribadi,kita dapat langsung login tanpa harus mendaftar dahulu.
17.Membuat alamat e-mail pribadi : buka situs http://yahoo.co.id ,klik pada pilihan Mail,lalu pilih kata daftar,isilah form pendaftaran yg muncul,setelah diisi dengan benar klik Buat akun saya,jika pendaftaran telah sukses maka kllik tombol lanjutkan,selamat kamu sudah mempunyai e-mail pribadi. Untuk keluar klik tombol sign out.
18.Login ke alamat e-mail pribadi : bukalah situs http://www.yahoo.co.id
-lalu klik pada pilihan Mail
-Masukan ID dan sandi yg kamu miliki
-klik tombol masuk
19.Membuka e-mail yg masuk :
-Login terlebih dahulu ke alamat e-mailmu
-klik pada pilihan kotak masuk
-pilih salah satu email yg akan dibaca
20.Menuliskan dan mengirimkan e-mail :
-Login terlebih dahulu
-klik pada pilihan tulis
-Tulis alamat e-mail yg dituju,kemudian tuliskan pesannya pada tempat yg tersedia,kamu juga dapat  melampirkan file yg kapasitasnya 10 mb
-jika sudah selesai,tekan kirim.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates