Rabu, 21 Maret 2012

BAB 1 DASAR-DASAR INTERNET


1.Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harifah berarti hubungan antarjaringan komputer (Network).
2.Lan menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu,seperti kantor,sekolah,perusahaan,warnet dan lain-lain.
3.Internet berasal dari impian J.C.R. Licklider (1915-1990) seorang psikolog di massachusetts institute of technology.
4.Untuk mendapatkan akses internet,sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP).
5.Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan komputer yang berada diratusan negara dan departemen atau instansi,baik swasta maupun pemerintah.
6.Web adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel.
7.WWW singkatan dari kata World Wide Web yang mempunyai arti jaringan yang mendunia.
8.Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak internet dan protocol TCP/IP atau HTTP.
9.Dalam perkembangannya,VPN (Virtual Private Network) diciptakan untuk membangun sebuah intranet dengan jangkauan yang luas melalui jaringan internet.
10.Penggunaan intranet dapat mendatangkan beberapa keuntungan,diantaranya :
     - Produktivitas kerja
     - Pemanfaatan waktu
     - Komunikasi
     - Operasi dan manajemen
     - Kerangka perubahan budaya kerja
11.Internet yang dikenal pada saat ini merupakan pengembangan dari sebuah jaringan yang disebut ARPANET (Advanced Research Projects Agency).
12.Pada 1990,internet mengalami perkembangan yang sangat pesat.Pada masa ini,World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Swiss).Barulah pada tahun 1992 muncul world wide Web pertama dengan nama Viola yang diluncurkan oleh pei wei.Berikutnya,interNIC didirikan pada tahun 1993 untuk menjalankan layanan pendaftaran domain.
13. Web site merupakan sebuah alamat di WWW yang menyediakan informasi tertentu.Contohnya : WWW.yahoo.com , WWW.google.com ,WWW.detik.com.
14.Modem (Modulator Demodulator) merupakan alat yang diperlukan oleh sebuah komputer untuk menghubungkan dengan komputer lain melalui jaringan internet. Modem menurut jenisnya ada 2 ; yaitu modem interneal dan eksternal.
15.Browser adalah aplikasi di internet yang dipakai untuk menjelajah dunia internet.Contohnya : internet explorer,Mozilla firefox,google chrome,safari,opera,dll.
16.URL (Universal Resource Locator) adalah sistem penamaan alamat situs web.Oleh karena itu,URL sering pula dinamakan Internet address (alamat internet)
17.Keunggulan internet adalah jangkauannya bersifat umum,aksesnya tidak terbatas oleh waktu,lebih efektif dan efisien,dan komunikasi menjadi lebih interaktif.
18.Kelemahan internet adalah adanya penyebaran virus komputer,akses melambat jika banyak penggunanya,dan penggunaan yang terlalu lama akan menghabiskan biaya yang besar.
19.Satuan kecepatan akses internet disebut KBPS (Kilobits PerSecond) atau MBPS (Megabits Per Second)
20.Kecepatan akses internet dengan dial up connection dapat mencapai 56 kbps,sedangkan dengan WAP (Wireless Application Protocol) dapat mencapai 9.6 kbps.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates